Manfaat Jaringan Komputer dan Jenis-jenisnya

Cari tahu yuk manfaat jaringan komputer. Apa itu jaringan komputer? Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer / pc yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, melalui media transmisi dengan tujuan agar dapat saling berkomunikasi saling membagi data, aplikasi ataupun berbagi perangkat keras.

Istilah jaringan komputer sendiri biasanya dapat diartikan sebagai sekumpulan dari terminal komunikasi yang terdiri dari dua atau lebih komputer / pc yang saling berhubungan. Latar belakang dibangunnya sebuah jaringan komputer yaitu agar informasi / data yang dimiliki si pengirim dapat sampai kepada si penerima dengan waktu yang cepat serta akurat.

Dengan adanya jaringan komputer, dapat memungkinkan bagi penggunanya dapat melakukan komunikasi antara satu dengan yang lainnya secara praktis. Selain itu, peran jaringan komputer sangat dibutuhkan untuk mengintegrasikan antara data dari komputer client bisa diperoleh oleh komputer yang lainnya secara relevan.

Manfaat jaringan komputer
Jaringan Komputer

5 manfaat jaringan komputer 


Berbicara mengenai apa saja manfaat dari jaringan komputer, ada banyak sekali sebetulnya manfaat jaringan komputer, penulis sudah merangkumnya sebagai berikut:

1. Dengan adanya jaringan komputer, kita dapat mengakses file yang kita miliki dan juga mengakses file miliki orang lain yang sudah disebarluaskan menggunakan jaringan, sebagai contoh jaringan internet.
Baca juga Cara mempercepat koneksi internet

2. Dengan adanya jaringan komputer, kita dapat melakukan pengiriman data secara cepat dan tepat, selama jaringan komputer yang kita gunakan dalam keadaan baik.

3. Dengan adanya jaringan komputer dapat membantu anda selalu terhubung dengan orang lain, selain itu anda juga dapat mengirimkan pesan berupa teks, video, audio dan masih banyak lagi yang bisa anda lakukan dengan memanfaatkan jaringan komputer.

4. Dengan adanya jaringan komputer, kita dapat mengakses berbagai informasi dengan sangat mudah melalui jaringan internet, hal ini dikarenakan internet adalah salah satu jaringan komputer.

5. Salah satu contoh memanfaatkan jaringan komputer yakni misalkan anda ingin mengeprint suatu file, namun yang menjadi permasalahan anda tidak memiliki printer. Anda tidak perlu khawatir, karena anda dapat menggunakan printer teman anda dengan menggunakan jaringan komputer.

Jenis - jenis Jaringan Komputer


Pada umumnya jaringan komputer dikelompokkan menjadi 5 jenis, yakni berdasarkan dari jangkauan geografis, media transmisi yang digunakan, penyaluran sumber informasi, peran serta hubungan setiap komputer dalam pemrosesan data, dan berbagai jenis jaringan topoligi yang digunakan.

1. LAN

LAN (Local Area Network) adalah sebuah jaringan yang cangkupan wilayahnya kecil, sebagai contoh kantor, kos-kosan, warnet. Jangkauan paling luas dari jaringan LAN tidak lebih dari 1 KM.
Lihat juga Cara mengatasi laptop lemot

2. MAN

MAN (Metropolitan Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang cangkupan wilayahnya meliputi sebuah kota yang sudah didukung oleh kecepatan transfer data yang sangat tinggi.

3. WAN

WAN (Wide Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang cangkupan wilayahnya lebih besar dari LAN dan MAN, karena mencangkup suatu daerah geografis yang sangat luas.

Cangkupan wilayahnya meliputi sebuah negara atau bahkan sebuah benua. Biasanya WAN digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih sebuah jaringan lokal agar pengguna bisa berkomunikasi dengan pengguna lainnya.
Manfaat Jaringan Komputer dan Jenis-jenisnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri