Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector dengan CMD

Salah satu masalah yang sering terjadi pada PC kita baik komputer desktop, laptop atau netbook yaitu terjadinya masalah pada harddisk. Seperi yang kita tahu peran harddisk sangatlah penting sebagai media penyimpanan.

Apabila harddisk mengalami kerusakan maka tidak dapat menggunakan komputer kita secara optimal. Apalagi bila harddisk mengalami kerusakan total maka sudah dapat dipastikan kita tidak dapat lagi mengoperasikan komputer selain menu bios.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada harddisk yaitu terjadinya bad sector. Komputer yang harddisk / harddrive-nya mengalami bad sector biasanya sering terasa lemot mulai dari proses booting hingga saat mengoperasikan komputer, komputer sering hang hingga berhenti beroperasi saat membuka aplikasi.
Lihat juga Komponen CPU Komputer beserta Fungsinya

Bad sector pada harddisk dapat disebabkan banyak hal mulai dari kerusakan secara fisik yang diakibatkan benturan, overheating, debu dan faktor usia hingga secara software akibat sering mematikan komputer dengan cara yang salah, virus dan sebagainya.

Untuk memperbaiki CMD yang mengalami bad sector kita hanya perlu melakukan Checkdisk (CHKDSK) salah satunya yaitu melalui CMD. Checkdisk sendiri merupakan fungsi yang disediakan Windows yang bekerja dengan menguji dan memperbaiki masalah yang ditemukan pad harddisk.

Bagaimana cara memperbaiki harddisk melalui CMD?


Cara memperbaiki harddisk melalui CMD atau Command Prompt sangat mudah, berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Buka program Command Prompt (CMD) sebagai administrator, caranya klik kanan dan klik Run as administrator , anda dapat mencari command prompt di pencarian atau windows explorer
Baca juga Cara mengatasi Bluescreen pada komputer
Run CMD

2. Ketikan chkdsk /r /f d: kemudian tekan enter maka akan secara otomatis CMD akan menjalankan proses membaca bad sector (/r) dan memperbaiki (/f)  harddisk anda (d:)
chkdsk /r /f d:
Berhasil CHKDS memperbaiki harddisk
Jika yang terjadi tidak seperti gambar diatas:

  •  Jika muncul pesan Chkdsk cannot run because the volume is in use by another process. Chkdsk may run if this volume is dismounted first. ALL OPENED HANDLES TO THIS VOLUME WOULD THEN BE INVALID. Would you like to force a dismount on this volume? (Y/N) maka ketik Y dan enter
  • Jika muncul pesan Chkdsk cannot run because the volume is in use by another process. Would you like to schedule this volume to be checked the next time the system restarts? (Y/N) Ketik Y dan enter
Mengingat pentingnya fungsi CHKDSK yang telah disediakan Windows ini, kita seharusnya rutin melakukan checkdisk di komputer kita untuk mencegah kerusakan yang tidak diingankan pad harddisk komputer kita.

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector dengan CMD Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri