Cara dan Tips Mengatasi Laptop Lemot (Lambat)

Cara dan Tips Mengatasi Laptop Lemot | Memiliki laptop yang berperforma tinggi tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan, karena kita dapat beroperasi dan menggunakan laptop kita dengan nyaman tanpa diganggu masalah – masalah seperti lag, aplikasi berhenti bekerja atau loading yang sangat lemot.

Akan tetapi untuk memiliki laptop yang seperti itu kita harus merogoh kocek yang tidak sedikit dengan membeli laptop baru dengan spesifikasi yang tinggi. Rasa kesal merupakan hal yang biasa saat laptop yang anda gunakan saat ini mengalami lemot dan sangat lambat. Akan tetapi hal tersebut dapat disiasati dan diminimalisir dengan melakukan beberapa tips dari saya saat ini.

Cara dan Tips Mengatasi Laptop Lemot

Cara dan Tips Mengatasi Laptop Lemot
Mengatasi Laptop Lemot

1. Uninstall aplikasi yang kurang dibutuhkan

Memiliki aplikasi yang banyak dan berukuran besar dapat mempengaruhi kecepatan akses laptop anda, terutama aplikasi – aplikasi yang berjalan dibelakang layar dan menghabiskan RAM saat laptop dalam keadaan hidup. Usahakan menghapus aplikasi yang anda rasa kurang anda butuhkan.
Lihat juga Langkah gratis mempercepat koneksi internet

2. Menambah RAM (Random Access Memory)

Ram merupakan bagian yang sangat penting dalam melakukan task atau kerja oleh laptop. Semakin kecil ram yang tersisa maka akan semakin lemot laptop anda. Anda dapat menambah ram dengan membeli ram eksternal atau bisa juga dengan membuat virtual ram dengan mengambil sebagian memori dari harddisk anda.

3. Periksa kondisi harddisk

Harddisk yang mengalami kerusakan / bad sector dapat mempengaruhi performa laptop anda. Jika ternyata terjadi bad sector anda dapat memperbaikinya atau membeli harddisk baru untuk mengatasi laptop anda yang lemot tersebut.

4. Bersihkan virus di laptop anda

Jika laptop anda lemot/ lambat mungkin saja hal tersebut akibat virus. Usahakan rajin untuk mengscan laptop anda dengan antivirus terbaru (update).

5. Periksa sistem operasi yang corrupt

Sistem operasi yang corrupt atau mulai rusak juga dapat menjadi penyebab laptop yang lemot. Untuk mengatasi hal ini yaitu dengan menginstall ulang sistem operasi anda.

6. Melakukan defrag

Lakukan defrag minimal 2 kali dalam satu bulan untuk menata file – file sehingga mudah untuk diakses.

7. Hindari harddisk penuh

Usahakan untuk menghindari file yang terlalu banyak sehingga tidak menyisakan ruang di harddisk anda, usahakan sisakan space yang cukup pada harddisk untuk menghindari laptop yang lambat.

Demikian beberapa tips dan cara untuk mengatasi laptop anda yang lemot, silahkan baca artikel saya yang lainnya dan terima kasih telah berkunjung.

Cara dan Tips Mengatasi Laptop Lemot (Lambat) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri