Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android Sering Macet

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android Sering Macet | Layar sentuh atau yang lebih dikenal dengan nama touchscreen pada sebuah smartphone memang perannya sangat penting, sebab bila touchscreen tidak dapat dioperasikan maka tentu saja smartphone tersebut sama saja bagaikan benda yang tidak dapat dipakai. Oleh sebab itu bagi anda pengguna smartphone sebaiknya selalu menjaga agar layar sentuh smartphone selalu dapat digunakan dengan optimal.

Nah, lalu bagaimana bila tiba-tiba touchscreen ponsel anda mendadak tidak bisa dioperasikan (macet)? Apa yang harus dilakukan agar, touchscreen smartphone tersebut dapat berfungsi kembali? Jangan panik dan terlalu khawatir, sebab ada beberapa cara memperbaiki layar sentuh smartphone Android yang sering macet, sehingga touchscreen tersebut dapat digunakan kembali.

Sebelumnya, perlu anda ketahui hal-hal apa saja yang dapat membuat layar sentuh pada smartphone Android menjadi macet. Biasanya, orang akan beranggapan bahwa layar sentuh (touchscreen) yang macet disebabkan karena LCD yang rusak, padahal biasanya touchscreen yang macet terjadi setelah anda baru saja menginstall sebuah aplikasi ke dalam smartphone tersebut atau bisa jadi karena ada aplikasi yang berjalan di background dengan konsumsi RAM yang cukup besar, selain itu, touchscreen yang macet juga dapat disebabkan karena pelindung layar LCD yang anda gunakan tidak cocok.

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android Macet berdasarkan Masalahnya

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android Sering Macet
Touchscreen Smarthphone

Bila layar sentuh anda macet, maka berikut ini ada beberapa cara yang dapat anda gunakan
untuk mengatasi masalah yang cukup menjengkelkan tersebut :

Ada dua kemungkinan masalah yang terjadi pada layar sentuh smartphone Android  :

• Layar sentuh terlalu lambat

Bila masalah yang terjadi adalah touchscreen yang terlalu lambat, maka coba anda atur kalibrasinya, dengan cara masuk ke Setting kemudian pilih Display dan masuk ke Calibration. Setelah itu, coba check sensitifitas touchscreen smartphone dengan menggunakan kode *#*#2664#*#*

• Layar sentuh sama sekali tidak dapat digunakan

  1. Matikan smartphone, lalu lepas semua komponen (baterai, kartu memori dan juga SIM Card) 
  2. Diamkan selama beberapa detik, hal tersebut bertujuan agar kapasitor yang ada di dalam motherboard smartphone Android tidak dapat mengkonsumsi energy
  3. Setelah itu pasang kembali semua komponen yang telah anda lepas tadi, lalu nyalakan kembali

Bila setelah dilakukan cara tersebut, touchscreen anda masih belum menunjukkan tanda-tanda responsif, maka sepertinya anda perlu melakukan factory reset. Namun, bila anda melakukan factory reset, maka resikonya semua data yang tersimpan dalam smartphone tersebut akan hilang, selain itu smartphone anda akan kembali seperti pertama kali anda menggunakannya.

Oleh sebab itu, sebelum ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada smartphone anda, maka sebaiknya anda melakukan backup data dari smartphone secara rutin ke komputer, setidaknya sebulan sekali, agar ketika ada hal yang seperti ini, setidaknya semua data anda tidak hilang.
Baca juga Aplikasi internet security terbaik

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android dengan Reset


Bila anda ingin melakukan factory reset ada beberapa cara (tergantung dari produk smartphone Android yang anda miliki) namun, setidaknya ada 3 cara yang lazim untuk melakukan factory reset, bisa anda coba satu persatu

1. Volume Down + Power
2. Volume Up + Home + Power
3. Home + Power

Setelah itu, cari Factory Reset dengan menekan tombol Volume Down, kemudian bila sudah menemukannya, pilih dengan menggunakan tombol Home. Lalu, lanjutkan dengan memilih “Yes, Delete all user” tunggu hingga proses factory reset selesai hingga smartphone melakukan booting, kemudian coba operasikan kembali touchscreen smartphone tersebut.
Lihat Tips mempercepat koneksi internet

Itulah cara memperbaiki layar sentuh smartphone Android yang sering macet. Memang cara untuk memperbaikinya agak sedikit rumit, namun biasanya cara-cara tersebut cukup efektif untuk menyembuhkan layar smartphone yang mendadak macet.

Namun, jika setelah anda mencoba melakukan ketiga cara tersebut dan masih belum berhasil, maka sebaiknya segera bawa smartphone anda ke tempat servis yang resmi, agar penyebab pasti dari macetnya touchscreen smartphone tersebut dapat diketahui.

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android Sering Macet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri