Cara Merawat Layar Laptop agar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Layar Laptop agar Tidak Mudah Rusak | Salah satu penyebab sebuah barang elektronik kinerjanya dapat tahan lama, bukan hanya tergantung dari kualitas barang itu sendiri, namun juga karena perawatan yang dilakukan oleh si pemilik terhadap barang tersebut.

Oleh sebab itu, bila si pemilik barang rajin melakukan perawatan yang tepat, maka bukan mustahil bila barang yang kualitasnya sebenarnya biasa saja, tetap dapat digunakan dengan baik dalam jangka waktu yang cukup lama.

Hal tersebut juga berlaku pada laptop, khususnya pada sektor layarnya. Layar laptop memang merupakan salah satu bagian laptop yang perlu untuk dirawat dengan lebih ekstra, sebab bagian ini akan selalu anda lihat ketika anda menggunakan laptop.

Membersihkan dan merawat layar laptop memang kesannya mudah, namun anda tetap harus berhati-hati ketika membersihkannya, sebab layar monitor juga termasuk bagian yang sensitif dari sebuah laptop. Lalu, bagaimana cara merawat layar laptop yang tepat, agar layar monitor laptop tetap terlihat bersih, jernih dan tidak mudah bermasalah? Berikut ini ulasan lengkapnya :


Cara Merawat Layar Laptop

Cara Merawat Layar Laptop
Merawat Layar Laptop

• Bersihkan debu yang menempel di layar secara rutin

Biasanya, kebanyakan orang akan memilih membersihkan layar dengan cara melapnya dengan menggunakan kain yang telah diberi sedikit air. Meskipun kain tersebut tidak basah, namun sebaiknya anda jangan pernah melakukan hal tersebut.

Untuk membersihkan debu yang menempel di layar monitor laptop, sebaiknya anda menggunakan vakum atau alat penghisap debu, atau bila anda tidak memiliki vakum, maka lap saja layar monitor laptop dengan kain microfiber, sebuah kain bertekstur lembut yang memang tepat untuk digunakan sebagai alat untuk membersihkan permukaan benda sensitif.

Kain microfiber dapat membersihkan layar laptop tanpa meninggalkan bekas goresan. Selain dengan menggunakan anda juga dapat membersihkan layar monitor laptop dengan menggunakan kuas blush on. Kuas blush on yang lembut juga dapat membersihkan layar monitor laptop hingga ke sudut-sudutnya.
Baca juga Cara mengatasi laptop lemot

• Hindari meletakkan benda berat di atas laptop yang sedang dalam keadaan tertutup

Bila anda terlalu sering meletakkan benda berat di atas laptop yang sedang dalam keadaan tertutup, maka dampaknya akan dapat membuat layar tersebut bisa menjadi berubah bentuk, bahkan dapat juga membuat layar menjadi retak. Oleh sebab itu, hindari meletakkan beragam benda berat contohnya seperti tumpukan buku, tas atau yang lain sebagainya.

• Hindari membuka laptop dari bagian tepi layar

Biasanya kebanyakan orang akan membuka laptop mereka dari bagian tepi layar, padahal sebenarnya hal yang mereka lakukan itu salah dan dapat merusak layar. Ya, bila kebiasaan tersebut tetap anda lakukan, maka resiko layar menjadi melengkung akan semakin besar. Hal tersebut disebabkan karena, layar laptop memang dirancang dalam kondisi yang sangat ringkih.
Baca juga Cara mengatasi keyboard laptop error

Selain itu, bila anda sering membuka laptop dari bagian tepi layar, maka engsel laptop juga akan mudah rusak. Oleh sebab itu, agar anda dapat mencegah layar monitor dan engsel laptop mudah rusak, maka anda harus membuka laptop dari bagian tengah. Selain itu, agar beban engsel laptop tidak terlalu berat, maka sebaiknya anda membuka laptop dengan menggunakan dua tangan.


Itulah 3 cara merawat layar laptop agar tidak mudah rusak. Meskipun kesannya sepele, namun sebenarnya cara-cara yang sederhana seperti itu, sebaiknya mulai anda terapkan agar layar monitor laptop anda tidak mudah bermasalah, sebab bila bagian layar monitor laptop sudah mengalami masalah, maka cara memperbaikinya tidak akan semudah yang anda bayangkan.

Cara Merawat Layar Laptop agar Tidak Mudah Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri