Tips dan Cara Merawat Laptop agar Awet

Memiliki sebuah laptop telah menjadi hal yang umum saat ini. Bagaimama tidak, laptop telah menjadi kebutuhan dasar semua orang. Bayangkan saja bagaimana jika hidup anda tanpa laptop,anda harus memgerjakan setiap tugas atau kerjaan anda di depan komputer yang mengharuskan anda untuk diam duduk disebuah kursi.

Bukankah hal tersebut akan membuat kegiatan anda terasa kurang menyenangkan. Walau telah banyak teknologi dan gadget baru yang lebih canggih dan mudah digunakan, seperti tablet, smarthphone dan sebagainya, akan tetapi kebutuhan akan komputer sangat besar dan tidak mudah digantikan. Oleh karena itu laptop adalah solusi bagi semua orang yang mengharapkan kemudahan dalam bekerja dan melakukan berbagai hal.

Sesuai dengan fungsi dan portabilitasnya yang sangat bermanfaat, sebuah laptop juga memerlukan perhatian dari pemiliknya. Hal tersebut dilakukan dengan melakukan perawatan. Apakah anda telah beberapa kali ganti laptop?, jika alasannya karena rusak mungkin saja laptop anda tersebut kurang dilakukan perawatan sehingga cepat rusak.

Melakukan perawatan dan perhatian terhadap penggunaan laptop adalah cara yang sangat tepat untuk membuat laptop anda lebih awet. Berikut ini beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membuat laptop anda lebih awet

Tips Merawat Laptop

Tips dan Cara Merawat Laptop agar Awet
Tips dan Cara Merawat Laptop agar Awet

1. Hindari laptop anda dari sinar matahari langsung, karena hardware laptop merupakan perangkat yang sensitif dan mudah rusak jika terkena panas

2. Jangan meletakan laptop atau netbook anda di kasur, sofa atau sejenisnya karena hal tersebut akan menganggu sirkulasi udara laptop anda dan membuat laptop anda overheating sehingga dapat merusak komponen laptop seperti CPU dll

3. Gunakan laptop pada permukaan datar dan dengan meja tambahan seperti meja laptop, meja kerja dan lainnya. karena jika meletakan laptop dilantai akan membuat laptop rentan terkena debu dan kotor serta terinjak dll.

4. Gunakan antivirus dan internet sevurity yang tepat serta berhati – hati dalam mendownload dan menginstall sebuah file untuk menghindari virus atau program berbahaya lainnya yang dapat merusak laptop anda.
Lihat Aplikasi internet security terbaik

5. Gunakan tas laptop yang aman saat membawa laptop keluar untuk menghindari goncangan dan kecelakaan yang dapat seperti terjatuh.

6. Jangan menggunakan laptop hingga mati, charge laptop anda saat baterai dibawah 20% dan isilah daya hingga diatas 80%.

7. Jangan gunakan penutup apapun pada keyboard dan layar laptop karena hal tersebut dapat menganggu sirkulasi udara laptop.
Baca Cara mencegah bluescreen pada layar laptop

8. Gunakan perangkat tambahan jika memungkinkan, sepeti mouse, keyboard eksternal dan lainnya untuk meminimalisir penggunaan hardware standar sehingga tidak cepat rusak.

9. Bersihkan laptop secara rutin dari debu dan kotoran kecil yang menganggu dan dapat merusak perangkat laptop anda. Gunakan alat pembersih yang memang dikhususkan untuk laptop untuk mencegah kerusakan karena bahan yang tidak sesuai.

Jadikan laptop sebagai perangkat yang harus diperhatikan, setidaknya jangan memperlakukannya dengan kasar dan semena – mena. Karena perlakuan kecil yang kita lakukan tersebut dapat mempengaruhi kondisi laptop kita.  Demikian artikel Tips dan Cara Merawat Laptop agar Awet, semoga dapat bermanfaat.

Tips dan Cara Merawat Laptop agar Awet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri