Cara Cek dan Mengetahui Kecepatan Loading Blog dan Indikator Kecepatan yang SEO Friendly

Kecepatan loading merupakan salah satu indikator dalam optimasi blog, lebih tepatnya dalam optimasi on page sebuah blog atau artikel, oleh karena itu mengetahui dan mengoptimalkan kecepatan loading sebuah blog sesuai dengan aturan yang disarankan oleh ahli dan pakar seo. selain itu dengan mengoptimalkan kecepatan loading blog juga akan memberikan nilai positif tersendiri terhadap pengunjung blog kita yang menginginkan akses yang cepat dalam memperoleh informasi yang mereka butuhkan dan mereka cari sehingga jika sebuah blog yang memiliki akses loading yang terlalu lama akan berdampak terhadap pengunjung atau traffik blog kita seperti menurunnya angka kunjungan dan tingginya angka bounce rate blog tersebut.

Dalam mengoptimasi dan mengoptimalkan posisi blog dan artikel di search engine terdapat dua hal yang menjadi prioritas search engine seperti google dalam menentukan dan menyeleksi rank tersebut, hal tersebut yaitu dari sisi dalam blog atau on page optimation dan luar atau offpage optimation. Kebanyakan para blogger hanya memperhatikanan sisi offpage seperti mendapatkan backlink berkualitas padahal optimasi on page merupakan salah satu penilaian penting bagi search engine seperti google yang terus mementingkan kepuasan konsumen dengan konten yang baik seperti yang saya jelaskan pada artikel mengenai algoritma googe hummingbird,  beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengoptimasi konten dan on page blog meliputi membuat konten artikel berkualitas, memasang widget related post serta mempercepat proses loading blog.

Mengoptimasi onpage blog dari sisi kecepatan loading blog terdapat beberapa aspek yang perlu
diperhatikan dan dilakukan seperti mengompress css, mengompress gambar dan sebagainya seperti yang saya jelaskan pada artikel cara mempercepat loading blog. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara mengetahui kecepatan loading blog menggunakan toolweb dari pingdom.com.

Cara Mengetahui Keceepatan Loading Blog

1. Kunjungi Tools.pingdom.com/fpt
2. Masukan url blog anda di kolom yang disediakan dan klik “Test Now”
Cek loading blog
Cek loading blog
3. Pingdom akan memproses dan memberikan hasil test kecepatan blog anda dalam satuan Sekon atau detik
Kecepatan loading blog
Kecepatan loading blog
Berdasarkan beberapa sumber loading blog yang cepat dan dianggap seo menurut standar pengunjung internasional seperti Eropa dan Amerika yaitu dibawah 3 detik akan tetapi untuk ukuran indonesia dan blog pribadi menurut bebera ahli mereka mengatakan blog yang memiliki loading yang baik bagi search engine memiliki hasil test dibawah 10 sec.

Demikian artikel Cara Cek dan Mengetahui Kecepatan Loading Blog dan Indikator Kecepatan yang SEO Friendly ini semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua sahabat blogger.

Cara Cek dan Mengetahui Kecepatan Loading Blog dan Indikator Kecepatan yang SEO Friendly Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri