5 Cara Terbaik Menghasilkan Uang dari Blog (Strategi Monetasi Blog)

Kegiatan blog merupakan salah satu hal yang sangat berpeluang untuk memberikan penghasilan. Pemilik atau pengelola sebuah web/ situs maupun blog pribadi pada umumnya sangat sering berinteraksi kepada banyak pembaca atau pengunjung melalui artikel maupun konten yang mereka berikan pada situs atau blog mereka. Salah satu hal yang menguntungkan dari kegiatan tersebut yaitu kita dapat mengoptimalkan blog kita dengan memonetasinya sehingga dapat menjadi blog yang memberikan penghasilan atau pendapatan berupa uang baik passive income maupun active income kepada kita. Banyak cara dan strategi untuk dapat memperoleh penghasilan / uang dari niche blog kita.
Strategi monetasi blog
Jika pada beberapa saat yang lalu saya telah memberikan beberapa artikel yang sangat penting untuk diketahui seperti hal yang membuat blog banyak pengunjung dan konten artikel yang paling banyak dicari, pada kesempatan kali inni saya akan memberika bebera hal atau pengetahuan untuk memonetasi blog anda dengan strategi yang benar dan dapat menghasilkan uang ke blog anda.

Strategi Monetasi Blog Terbaik

Iklan / advertising

Iklan merupakan cara yang paling sering dan sangat terbukti dapat memberikan uang kepada anda karena sebuah blog merupakan tempat atau media dimana para pengunjung akan membaca atau menjelajahi tempat tersebut dan sama seperti halnya koran atau media informasi lain yang dapat diletakkan atau dipasang iklan, blog juga merupakan media yang sangat baik untuk dipasang iklan. Iklan atau advertising sendiri ada banyak jenis yang dapat kita pasang untuk menghasilan uang seperti PPC, Cpm, Iklan mandiri dan masih banyak jenis lain lagi yang dapat anda sesuaikan dengan blog anda.

Affilate Marketing

Strategi bisnis ini merupakan salah satu cara yang dianggap sangat baik dan berpotensi untuk memberikan penghasilan yang cukup kepada pemilik blog, selain mendapatkan penghasilan proses yang perlu kita lakukan pun terbilang cukup mudah karena kita tidak hanya perlu menawarkan produk atau menjadi perantara  terhadap para pembeli yang berasal dari blog atau web kita menuju situs para marketing atau penjual dan setiap transaksi para pembeli di web marketer (penjual) yang berasal dari blog kita tersebut akan memberikan income atau penghasilan berupa uang kepada kita. Saat ini telah banyak marketer yang menyediakan program afillate dan beriringan dengan kepercayaan para pengunjung atau masyarakat untuk belanja secara online sehingga menjadikan strategi ini menjadi salah satu strategi terbaik untuk memberikan penghasilan melalui blog kita.

Membership fee/ biaya keanggotaan

Strategi ini sering digunakan oleh web dan blog- blog besar yang memberikan pelayanan tertentu serta memiliki pengunjung tertentu yang sangat membutuhkan hal yang diberikan blog tersebut sehingga mereka diharuskan membayar biaya keanggotaan. Cara atau strategi ini sangat baik diterapkan pada blog atau web tertentu seperti web horoscope atau perbintangan, Web Pelatihan Bahasa ingris (kursus online), Web Download dan banyak jenis web / blog lain yang dapat diterapkan strategi biaya keanggotaan ini.

Menjual Produk Sendiri

Selain memberikan informasi berupa artikel atau konten blog menarik lainnya, blog juga dapat kita jadikan media promosi produk atau barang yang ingin kita jual. Untuk melakukan hal tersebut terdapat banyak cara yang dapat kita terapkan seperti langsung memberi review atau penawaran produk kita kepada pembaca melalui artikel atau konten dalam blog kita, selain itu bisa juga dengan memasang iklan atau banner yang memberikan penawaran produk kepada para pengunjung . Media blog atau web profesional telah terbukti sangat berpotensi untuk menerapkan strategi penjualan kepada konsumen yang telah memiliki kepercayaan kepada penyedia atau blog tersebut.

Menjual Hak Cipta Konten Anda

Cara yang terakhir mungkin merupakan cara yang sedikit tidak biasa bagi kalangan blogger terutama di Indonesia, cara ini merupakan cara yang cukup profesional walaupun terbilang cukup susah karena di Indonesia sendiri kita tahu sangat banyak kasus pelanggaran hak cipta mulai dari pelanggaran hak cipta karya - karya besar hingga karya – karya yang sangat umum ditemukan seperti artikel, gambar, video dan masih banyak konten lainnya yang secara sadar atau tidak sadar telah dicuri oleh para pelanggar tersebut. Pada dasarnya setiap konten yang ada dalam blog dapat dijual dan memberikan penghasilan terutama konten menarik dan langka yang merupakan karya orisinal anda seperti foto hasil jepretan atau editan anda, video yang anda buat maupun artikel tertentu yang diinginkan konsumen.

Dengan memonetasi blog menggunakan strategi yang tepat dan sesuai dengan niche blog serta target pengunjung anda akan memberikan penghasilan yang terus – menerus kepada anda, oleh karena itu sangat penting untuk merencanakan dan memanage blog anda mulai dari menentukan niche blog yang potensial hingga mengoptimasi dengan backlink berkualitas serta konten artikel yang baik.

5 Cara Terbaik Menghasilkan Uang dari Blog (Strategi Monetasi Blog) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri