Jenis Blog Berdasarkan Isi Konten Artikelnya – Inspirasi Mengelola Blog

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa pengetahuan mengenai jenis- jenis blog berdasarkan isi atau konten yang dimuat dalam blog tersebut yang dapat menjadi inspirasi bagi kita semua dalam mengelola blog kita secara baik. Artikel ini saya buat berdasarkarkan pengetahuan (opini) dan beberapa hal yang telah jelas berada dalam beberapa blog besar yang dapat kita temukan. Berbeda dengan artikel yang pernah saya buat yaitu mengenai niche atau kategori blog paling potensial, pada artikel tersebut saya menjelaskan mengenai beberapa niche atau kategori blog yang paling banyak dicari dan berpotensi akan menghasilkan pendapatan yang baik, sedangkan kali ini yang saya jelaskan adalah jenis – jenis dari blog yang merupakan keseluruhan jenis dari isi blog tersebut dengan karakteristik tertentunya sedangkan niche atau kategori merupakan topik atau pembahasan secara keseluruhan dalam blog tersebut.
Dengan membuat blog dengan jenis tersendiri akan membuat sebuah blog kelihatan lebih profesional dan memiliki tujuan yang tepat. Blog dengan jenis tertentu pun akan kelihatan lebih baik lagi jika memiliki kategori atau niche tertentu yang dipublikasikan dalam blog tersebut. Akan tetapi jenis tertentu dalam sebuah blog saat ini sangat jarang digunakan oleh banyak blogger pemula karena butuhnya konsitensi terhadap jenis yang kita pilih serta kita tidak dapat terlalu dapat berkreasi dalam blog tersebut, akan tetapi sebenarnya pengelolaan blog tersebut akan lebih mudah karena kita hanya menghadirkan konten artikel dengan jenis tertentu.

Jenis – jenis blog berdasarkan isinya

1. Blog list(blog daftar)
Blog dengan jenis daftar atau list adalah blog yang semua konten atau isinya berupa daftar, dapat berupa segala jenis daftar atau list atau hanya pada kategori tertentu seperti blog yang berisi daftar makanan yang dapat memuat banyak hal seperti daftar makanan pedas dari Indonesia atau banyak hal lainnya.

2. Blog video
Seperti namanya blog dengan jenis ini berisi video – video yang berpotensi dicari oleh banyak pengguna search engine, seperti halnya list blog anda juga dapat memasukan video dengan kategori tertentu atau semua jenis video yang anda miliki atau anda peroleh dari situs streaming video seperti youtube dll.

3. Blog download
Blog ini berisi segala hal yang dapat di download oleh para pengunjung

4. Blog musik
Sesuai dengan namanya blog ini merupakan jenis blog yang memiliki konten atau isi mengenai musik, mp3 atau lagu yang dapat berupa file lagu maupun review atau berita mengenai lagu atau musik tersebut.

5. Photo blogging
Blog ini biasanya sangat cocok bagi para penggemar fotografi yang ingin mempublikasikan karya – karyanya di internet atau dapat juga disebut blog album yang merupakan tempat atau album yang berisi kumpulan foto- foto, baik karya dari pemilik blog maupun merupakan gambar atau foto lainnya yang dia peroleh dari internet ataupun blog lain.

6. Link blogging (blog tautan)
Blog jenis ini berisi tautan atau link menuju ke situs atau blog lainnya, blog ini juga dapat disertakan dengan review atau ulasan tertentu mengenai link yang mereka muat.

7. Blog review
Blog review merupakan jenis blog yang memberikan review terhadap berbagai hal baik mengenai produk, jasa, media dan sebagainya yang dapat menjadi sebuah referensi atau pandangan awal para pembaca terhadap hal yang di review atau ulas tersebut.

8. Blog survei
Blog jenis isi memuat konten yang biasanya berupa angka dan data yang digunakan untuk menilai berbagai hal yang disajikan untuk dipilih atau disurvei oleh para pengunjung sehingga memperoleh hasil yang berupa sebuah persentase.

9. Blog iklan
Jenis blog yang terakhir yang saya berikan adalah blog dengan jenis iklan, blog ini merupakan jenis blog yang berisi iklan – iklan sebuah produk, jasa, dan sebagainya ataupun blog yang menyediakan tempat pemasangan iklan dan iklan tersebut merupakan konten utama dari blog tersebut dan berbeda dengan blog yang yang hanya menyediakan space iklan pada sebagian ruang blog.

Dengan mengetahui jenis blog tertentu akan lebih memudahkan anda dalam menentukan blog seperti apa yang akan anda kelola, akan tetapi untuk pilihan jenis ini sebenarnya bebas dan bisa saja sebuah blog memuat berbagai jenis konten atau isi seperti blog pribadi dan seperti blog saya ini. Setelah menentukan jenis blog dan niche blog yang potensial selanjutnya anda harus mengetahui jenis konten postingan / artikel yang paling banyak dicari .

Demikian artikel mengenai “Jenis Blog Berdasarkan Isi Konten Artikelnya – Inspirasi Mengelola Blog” ini, semoga bermanfaat dan terima kasih telah mengunjungi blog ini.



Jenis Blog Berdasarkan Isi Konten Artikelnya – Inspirasi Mengelola Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri