Persaingan Blog dengan Niche / Keyword Blogging dan SEO



Mengetahui persaingan blog dengan niche blogging dan seo merupakan salah satu langkah penting sebelum memulai membuat sebuah blog atau bahkan melanjutkan kegiatan kita dalam blog niche yang telah kita miliki, jika sebelumnya saya sudah menjelaskan dan memberikan beberapa niche blog yang potensial yang merupakan daftar kategori blog yang dapat kalian pilih untuk menjadi kata kunci blog kalian yang saya anggap sangat berpeluang untuk menghasilkan banyak pengunjung maupun penghasilan, kali ini saya akan sedikit memberikan cerita dan pengetahuan saya mengenai persaingan blog dengan niche atau kategori blogging dan SEO yang merupakan kategori / kata kunci yang tidak saya masukan kedalam salah satu daftar niche blog paling potensial.

Niche Blogging dan SEO


Niche blog dan SEO ini merupakan kata kunci yang saya ambil dalam blog saya dan banyak blogger pemula lainnya juga memilih kategori ini, jadi mengapa saya menyatakan bahwa niche ini kurang potensial? Mungkin untuk menjawab pertanyaan tersebut saya punya beberapa pemikiran tersendiri mengenai karakteristik dan persaingan dalam kategori  blogging dan seo ini yaitu

Target Pasar
Target pasar yang dimaksud dalam dunia blog ini yaitu adalah traffic atau pengunjung atau pembaca yang merupakan orang yang membutuhkan dan mencari informasi di google dengan kata kunci seputar blog dan seo tersebut, siapa yang mencari informasi seputar blog dan SEO ?, ya seorang blogger atau orang yang juga memiliki blog dan hal ini terlalu khusus dan kurang umum dan luas jika kita bandingkan dengan niche seperti fashion, news dll yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya jadi target pasar atau orang yang mencari informasi mengenai blogging dan SEO ini jelas kurang potensial walaupun jika ditinjau pengguna blog dan pemilik blog cukup banyak tetapi jika dibandingkan dengan keyword lainnya keyword Blogging dan SEO masih kurang potensial.

Penguasaan yang Mendalam Mengenai Keyword Blog dan SEO ini
Dalam memilih niche dan mengelola niche tersebut penguasaan yang baik sangatlah penting, apapun kategori blog yang kita pilih tersebut, tetapi dalam hal ini kategori blogging dan SEO ini merupakan salah satu yang sangat harus diperhatikan karena seperti yang dijelaskan diatas bahwa target pasar kita adalah sebagian besar seorang blogger yang sedang mencari sebuah informasi, pastinya kita harus menyajikan informasi ataupun cara yang benar- benar informatif dan optimal karena target kita adalah orang – orang yang mengelola hal yang sama dengan kita dan mengetahui banyak hal mengenai kata kunci blog dan SEO ini sehingga kita harus sudah menguasai niche tersebut atau setidaknya sudah cukup mengerti untuk memberikan informasi – informasi yang bermanfaat dan dibutuhkan para blogger lainnya. Saya mengatakan hal ini bukan berarti saya seorang ahli, saya hanya berpendapat bahwa pentingnya sebuah penguasaan pada keyword tertentu tetapi bagi blogger pemula seperti saya yang ingin belajar sekaligus berbagi hal ini bisa sedikit diabaikan.

Pengelolaan Blog yang Harus Maksimal dan Berkualitas dari Segi Penampilan dan Isi
Pengelolaan blog sebenarnya masih berkaitan erat dengan penguasaan yang mendalam mengenai niche Blog dan SEO ini karena untuk niche blog dan seo ini kita memiliki target pasar blogger diseluruh Indonesia atau bahkan dunia, jadi kita harus menyajikan penampilan blog yang profesional serta isi atau konten artikel yang berkualitas karena dengan terpenuhinya dua hal itu akan meningkatkan thrust atau kepercayaan pengunjung kepada blog kita.

Persaingan dan Peluang Usaha atau Penghasilan
Persaingan dan Peluang Usaha merupakan dua hal yang sangat peneting yang membuat saya menganggap kategori blogging dan SEO ini kurang potensial.
Dalam sisi persaingan niche atau kategori blogging dan SEO ini sangat sulit untuk dihadapi dan tergolong cukup berat karena sebagian besar lawan atau saingan kita yaitu seorang ahli atau pakar dalam hal blogging dan SEO jadi pastinya mereka telah mengetahui banyak hal dalam mengelola sebuah blog dengan baik dan mengoprasikan SEO yang tepat pada blog dan setiap artikel mereka jadi akan berat bagi pemula seperti saya untuk bersaing dalam niche blog ini.
Hal ini cukup berkaitan dengan peluang usaha dan penghasilan yang ita peroleh dengan niche blog blogging dan SEO ini karena dengan persaingan yang cukup berat kita hanya dapat menguasai sebagian kecil target pasar kita dengan artikel unik tertentu yang kurang berat persaingannya tetapi hal itu pasti mengakibatkan juga potensi traffic yang juga sangat kurang sehingga jika kita seandainya ingin memperoleh penghasilan melalui link affiliate seperti ppc (pay per click) peluang penghasilan kita akan sangat kurang. Selain itu kembali pada poin pertama yaitu mengenai target pasar kita yang sebagian seorang blogger yang sudah mengetahui banyak hal dalam dunia internet dan blogging akan menyulitkan kita dalam memperoleh penghasilan yang cukup terutama jika kita menggunakan affiliate seperti ppc , mereka pasti sudah tau bahwa itu hanyalah sebuah iklan dan mereka anggap kurang penting dan enggan untuk mengkliknya, hal ini berbeda jika kita memilih Niche atau kategori yang potensial seperti fashion yang sebagian besar pengunjungnya adalah orang umum yang kurang mengenal ppc dan akan mudah tertarik terhadap iklan maupun penawaran yang ada dalam blog niche kita.

Dengan menggambarkan dan menjelaskan mengenai Persaingan Blog dengan Niche / Keyword Blogging dan SEO ini bukan berarti saya melarang atau memperingati anda untuk memilih niche blog ini, karena ini semua hanyalah pengalaman dan pendapat saya dan saya sendiri yang seorang newbie masih berusaha dan terus berharap dengan niche blog dan seo ini walaupun saya berencana membuat satu blog lain mengenai android karena saya mencintai android dan menyukai blogging jadi saya akan berusaha mengelola 2 blog sekaligus dan hal ini murni bukan karena niche blogging dan seo ini tidak memuaskan tetapi karena saya ingin meyalurkan apa yang saya sukai dan hobi tersebut.

Persaingan Blog dengan Niche / Keyword Blogging dan SEO Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri