Cara Memperkuat Sinyal WiFi Laptop dengan Berbagai Cara

Bukan hal yang asing lagi mendengar buruknya performa layanan internet di Indonesia. Indonesia berada di peringkat bawah di Asean sebagai salah satu negara dengan kecepatan internet yang buruk.
Hal tersebut juga tidak terkecuali untuk WiFi sebagai salah satu jaringan yang sedang marak digunakan saat ini. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh performa dari penyedia jaringan (provider) WiFi tersebut.

Selain itu salah satu hal yang juga menjadi penyebab lambatnya internet WiFi kita adalah lemahnya sinyal atau jaringan yang ditangkap oleh laptop kita. Nah, berikut ini ada beberapa tips serta cara untuk memperkuat penerimaan sinyal jaringan WiiFi pada laptop atau komputer anda.

Meletakan Router dan Laptop pada Posisi yang Tepat


Jika sinyal WiFi yang anda gunakan adalah milik anda sendiri, carilah posisi yang tepat untuk router anda, letakan pada posisi yang terbuka dan mudah memancarkan sinyal. Selain itu posisi anda menggunakan laptop dapat menjadi pengaruh kekuatan sinyal yang diterima.
Baca juga Cara mempercepat koneksi internet

Seperti yang kita tahu WiFi merambat melalui udara sehingga jika anda menggunakan laptop ditempat yang jauh dan terhalang banyak hal dari router akan menyebabkan sinyal yang diterima semakin lemah. Penting juga untuk menghindari posisi yang berdekatan dengan router lain atau perangkat elektronik lain seperti microwave yang dapat menganggu sinyal WiFi anda.

Mengatur Network Adapter Laptop


Anda dapat melakukan sidikit pengaturan pada network adapter laptop anda yang bertugas untuk menyerima sinyal WiFi yang ada. Pada sistem operasi Windows anda dapat mengatur network adapter di Control Panel – Network and Internet - Network and Sharing Center - Change Adapter Setting kemudian klik kanan pada WiFi, pilih Properties dan klik Configure..

Cara Memperkuat Sinyal WiFi Laptop
Setting Network Adapter

Selanjutnya pilih tab Advanced dan aturlah Roaming Agressiveness pada nilai yang besar, Throughput Enchancement menjadi Enabled dan Transmission Power menjadi Highest.

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop
Advanced
Pengaturan ini tidak selalu ada pada laptop anda, hal tersebut tergantung perangan network adapter dan driver yang digunakan. Tapi bila ada akan lebih baik anda mengaturnya untuk memperoleh performa yang lebih baik dalam menangkap sinyal Wifi.

Menggunakan Software Penguat Sinyal


Cara lain yang bisa anda coba yaitu menggunakan software tambahan yang dapat memperkuat sinyal WiFi. Ada banyak software atau aplikasi yang beredar di Internet dalam hal ini, sehingga anda dapat leluasa memilih dan mencobanya. Contoh aplikasi memperkuat sinyal yang banyak digunakan yaitu Xirrus WiFi Inspector 

Menggunakan Alat Penguat Sinyal WiFi Repeater

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop
Wifi Repeater

Salah satu cara yang sangat ampuh untuk memperkuat sinyal WiFi yaitu menggunakan alat tambahan yang bernama WiFi Repeater. Kerja alar ini yaitu meneruskankan sinyal WiFi dari Router sehingga menjadi lebih kuat.
Ini dia Aplikasi internet security terbaik

Hal ini sangat membantu jika anda menggunakan laptop pada posisi yang jauh atau terhalang dari Router anda. Anda dapat menemukan router dengan membelinya di toko online atau marketplace favorit anda atau bisa juga dengan memanfaatkan Router bekas yang tidak terpakai sebagai repeater.

Cara Memperkuat Sinyal WiFi Laptop dengan Berbagai Cara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri