Tips Belanja Online dengan Aman di Berbagai Situs dan Toko Online

Belanja secara online merupakan salah satu hal yang sedang disenangi dan menjadi trend dalam kalangan masyarakat saat ini. Kemudahan yang diperoleh dari salah satu hasil perkembangan teknologi ini mengakibatkan dampak yang besar dari gaya hidup saat ini. Belanja secara online merupakan salah satu solusi yang menjawab kendala yang diperoleh selama ini saat ingin berbelanja secara langsung, seperti kurangnya waktu, kendaraan, kemacetan dan minimnya barang yang dapat dipilih di tempat tertentu.

Untuk dapat berbelanja secara online kita hanya perlu memilih produk yang kita inginkan dan melakukan pembayaran melalui transfer bank, kemudian barang yang kita beli akan dikirim ke tempat kita melalui jasa pengiriman. Hal tersebut tentunya terdengar sangat enteng, mudah dan menyenangkan. Akan tetapi seperti bisnis pada umumnya, bisnis yang dilakukan secara online juga kerap berbau kecurangan. Hal tersebut tentunya membuat kita sedikit merasa risih untuk melakukan transaksi belanja secara online.

Tips Belanja Online
Tips Belanja Online
Oleh karena itu, saat berbelanja secara online anda harus memperhatikan beberapa hal, sehingga akan meminimalisir bahkan menghindari potensi kerugian yang dapat terjadi pada anda.

Tips Belanja secara Online

1. Perhatikan Komputer atau perangkat yang anda gunakan

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam berbelanja online secara aman yaitu pastikan perangkat yang anda gunakan dalam berbelanja online tersebut aman, sangat dianjurkan untuk menggunakan komputer atau perangkat pribadi anda, bukan menggunakan komputer umum maupun milik teman anda.
Baca juga Cara Membuat Website Gratis

2. Perhatikan tempat/situs anda belanja

Hal penting lainnya saat berbenlanja online yaitu pastikan dan lihatlah dengan teliti situs tempat anda belanja online. Terutama jika berbelanja melalui forum dan online shop tertentu yang bersifat gratisan dan tidak jelas/ terpercaya, usahakan jika anda belanja secara online penjual tersebut memiliki toko online sendiri yang lengkap dan kelihatan profesional, seperti menggunakan domain top /berbayar dan menu navigasi web yang baik.

3. Profil penjual yang sejelas

Selain toko online atau media transaksi jual beli yang akan anda lakukan secara online, anda juga harus memperhatikan profil penjual yang jelas, apakah dia bekerja dan mengelola toko online secara pribadi?, siapakah dia? Dimana tempat tinggalnya dan bagaimana saja anda dapat menghubunginya. Dengan memperhatikan hal – hal tersebut disertai dengan pelayanan dari penjual tersebut yang baik, pastinya akan meningkatkan kredibilitasnya dimata pembeli dan memberikan keyakinan kepada kita bahwa transaksi yang akan kita lakukan tersebut aman.

4. Harga yang jelas dan sesuai

Harga merupakan salah satu hal yang sangat kita perhatikan saat membeli online. Hal tersebut pula yang biasanya malah menjadi daya tarik yang sering digunakan untuk menipu pelanggan, oleh karena itu perhatikan harga yang diberikan penjual. Apakah harga tersebut masuk akal? Dan sesuai dengan pasaran barang yang ingin anda beli, anda patut mencurigai jika harga yang ditawarkan terlalu rendah atau terlalu tinggi.
Baca juga Cara Mengganti Tema Facebook

5. Testimoni atau rating yang bagus dari pembeli

Testimoni, pendapat atau rating dari pelanggan merupakan indikator-indikator yang dapat kita gunakan untuk melihat kredibilitas toko online atau pengelola toko online tersebut. Jika rating dan testimoni dari pembeli dan pengunjung sangat baik, hal tersebut tentunya dapat menjadi nilai plus bagi penjual tersebut dimata anda dan sebaliknya, jika rating dan testimoninya buruk anda perlu berhati – hati dan

6. Sistem pembayaran

Tips terakhir yang akan saya berikan dan dapat anda jadikan pertimabangan agar dapat berbelanja secara aman dan menyenangkan yaitu melihat sistem pembayaran yang disediakan situs tempat anda ingin membeli tersebut. Jika toko online pastikan bahwa sistem pembayaran yang diberikannya beragam yang menandakan keseriusannya dalam mengelola tokonya serta mempermudah dan menghemat biaya pengiriman anda. Jika melalui sistem pembayaran lainnya seperti paypal dan lain-lain pastikan sistem dan manufer pembayaran yang diberikannya juga wajar dan jelas.

Demikian Tips belanja online dengan aman dan menyenangkan tanpa takut kehilangan uang atau terkena penipuan.

Tips Belanja Online dengan Aman di Berbagai Situs dan Toko Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri