Pengertian Wifi dan Hotspot Serta Perbedaannya

Di zaman yang semakin modern seperti saat ini, tampaknya internet bukanlah sesuatu yang asing, bahkan bagi sebagian orang, rasanya hidup mereka kurang lengkap bila satu hari tidak terkoneksi dengan internet.

Disamping sisi negatif, harus diakui bila digunakan dengan benar maka sebenarnya internet sangat berguna bagi kehidupan manusia, dengan adanya internet, maka segala informasi dapat diakses dengan lebih mudah, selain itu internet juga dapat dijadikan sebagai sarana hiburan dan juga sebagai media komunikasi.

Oleh sebab itu, kini banyak sekali penyedia jaringan telekomunikasi berlomba-lomba menawarkan jaringan internet yang mumpuni. Bukan hanya itu saja, pasti anda, khususnya yang tinggal di perkotaan sudah tidak asing dengan istilah Wifi dan Hotspot yang secara garis besarnya kedua istilah tersebut berkaitan dengan internet, namun tahukah anda mengenai pengertian Wifi dan Hotspot serta perbedaannya? Untuk memudahkan anda memahami kedua istilah tersebut, berikut ini ada ulasan singkat mengenai Wifi dan Hotspot yang perlu anda simak :

Wifi adalah singkatan dari Wireless Fidelity, sebuah teknologi komunikasi nirkabel untuk penggunaan Local Area Network (LAN). Dewasa ini, hampir semua gadget seperti smartphone, tablet, laptop hingga kamera dan juga televisi, terdiri dari modul Wifi sehingga teknologi komunikasi nirkabel ini dapat juga dipakai di jaringan rumah.

Selain itu, semua sistem operasi mulai dari Windows, OSX, Linux hingga iOS dan Android sudah dilengkapi dengan teknologi yang mendukung Wifi. Ada beberapa versi Wifi yang biasanya dipakai oleh gadget seperti 802.11a, 802.11b, 802.11n, 802.11g dan 802.11ac, beragam versi yang berbeda tersebut mendukung kecepatan dan rentang yang berbeda pula.
Pengertian wifi dan hotspot
Wifi dan Hotspot

Sementara itu, Hotspot adalah sebuah tempat yang dapat digunakan untuk mengakses internet dengan menggunakan Wifi, sebab tempat tersebut memang telah dilengkapi dengan perangkat yang dapat dijadikan sebagai jalur akses. Perangkat tersebut merupakan perangkat yang dihubungkan dengan router atau dikenal juga dengan sebutan gateway yang telah terhubung dengan internet.

Dengan demikian, berbagai perangkat yang berada di sekitar tempat itu dapat terhubung dengan internet lewat Wifi. Anda dapat menemukan berbagai tempat umum yang menyediakan Hotspot Wifi, mulai dari bandara, hotel, rumah sakit, stasiun hingga sekolah/universitas dan juga kafe. Kebanyakan dari tempat-tempat itu menyediakan hotspot secara gratis, namun ada juga yang berbayar. Bila digunakan di rumah, hotspot harus disetting dengan cara menghubungkan router nirkabel melalui ADSL atau 3G/4G agar berbagai perangkat yang ada di sekitar rumah dapat digunakan mengakses internet lewat Wifi.

Lalu, apa perbedaan mendasar antara Wifi dan Hotspot? Dari definisinya saja kita sudah dapat menarik perbedaan mendasar antara Wifi dan Hotspot, sebab Wifi adalah teknologi komunikasi nirkabel untuk Local Area Network sedangkan Hotspot merupakan sebuah tempat yang menyediakan akses internet dengan menggunakan Wifi.

Dengan kata lain, berbagai gadget yang ada di sekitar hotspot dapat digunakan mengakses internet lewat Wifi. Selain itu, untuk melakukan komunikasi, Wifi menggunakan gelombang elektromagnetik radio di bawah pita frekuensi 2.4GHz sedangkan hotspot untuk menghubungkan perangkat ke jalur akses agar dapat dipakai untuk berbagi internet harus menggunakan teknologi Wifi.

Itulah pengertian Wifi dan Hotspot serta perbedaannya. Intinya, bila tidak ada teknologi Wifi di sekitar tempat tersebut, maka tempat itu tidak dapat disebut sebagai hotspot, karena sebuah area atau tempat dapat disebut sebagai hotspot bila orang yang ada disekitar tempat tersebut dapat menghubungkan gadgetnya ke internet lewat teknologi komunikasi nirkabel yang dikenal dengan nama Wifi.

Pengertian Wifi dan Hotspot Serta Perbedaannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri