Penyebab Komputer Lemot dan Cara Paling Jitu untuk Mengatasinya

Komputer yang lemot tentu saja sangat mengesalkan penggunanya, sebab selain tidak nyaman untuk digunakan, kinerja komputer yang lemot membuat penggunanya menjadi kurang produktif karena membuat beragam pekerjaan tidak dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Bila sudah seperti itu, sebaiknya anda tidak membiarkannya begitu saja, agar pekerjaan anda tidak semakin terbengkalai.

Untuk mengatasi permasalahan komputer lemot, maka anda perlu mencari tahu apa saja yang menyebabkan kinerja sebuah komputer menjadi lambat seperti itu, kemudian barulah permasalahan tersebut dapat teratasi.

Penyebab Komputer Lemot 


Ada beberapa penyebab komputer lemot yang perlu anda ketahui, diantaranya seperti :

• Komputer terlalu banyak menyimpan program/software yang terinstall

Semakin banyak program/software yang terinstall dalam komputer maka ketika pertama kali dihidupkan komputer akan langsung menjalankan banyak program sekaligus, padahal pastinya ada beberapa program/software yang sebenarnya tak terlalu anda perlukan, hal tersebut sudah pasti akan membuat komputer anda semakin terbebani dan alhasil kinerjanya pun akan menjadi lemot.

• Komputer yang dipakai spesifikasinya sudah jadul

Agar komputer termasuk laptop atau notebook dapat berjalan lancar dan tidak lemot sebaiknya anda memiliki komputer yang spesfikasinya tidak jadul, setidaknya gunakan komputer yang sudah dibekali dengan prosesor dual core dan RAM berkapasitas 2 GB.

Penyebab Komputer Lemot
Komputer Lemot 

• Spesifikasi komputer tidak sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi

Hal ini biasanya akan anda rasakan ketika anda mencoba bermain game yang membutuhkan spesifikasi komputer yang besar. Rata-rata spesifikasi game berkualitas HD akan membutuhkan spesifikasi komputer yang mumpuni, bila tidak maka ketika anda mainkan game tersebut, kinerja
komputer akan terasa berat dan lemot

• Data yang tersimpan pada folder temp terlalu besar

Data yang tersimpan pada folder temp berasal dari data ketika anda mengakses internet dengan menggunakan komputer tersebut. Bila jumlah data yang tersimpan pada folder temp semakin banyak, maka hal tersebut akan membuat kinerja komputer menjadi lemot.

• Komputer terserang virus

Bila komputer sudah terserang virus, maka salah satu akibatnya akan membuat kinerja komputer menjadi lemot

• Adanya komponen hardware komputer yang rusak

Salah satu komponen hadware yang paling peka adalah hardisk, sehingga bila hardisk bad sector maka akan mengakibatkan kinerja komputer menjadi sangat lambat.

Cara Mengatasi Laptop Lemot


Lalu, apa yang harus dilakukan bila komputer menjadi lemot karena beragam penyebab diatas? Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan agar kinerja komputer kembali seperti semula, diantaranya seperti :

1. Uninstall atau lakukan disable pada software/program yang kurang anda perlukan

Anda dapat menguninstall software/program yang kurang dibutuhkan di Control Panel, dengan cara :

Klik Windows
Kemudian klik Control Panel
Selanjutnya klik Uninstall Program
Setelah itu pilih program yang menurut anda kurang diperlukan untuk diuninstall

Namun bila anda hanya ingin melakukan disable agar program tersebut tidak berjalan ketika komputer pertama kali dihidupkan, maka berikut ini cara melakukannya :

Buka Software CCleaner
Kemudian pilih Tab Tool
Lalu Startup
Kemudian lakukan disable pada program yang menurut anda kurang penting

2. Lakukan upgrade spesifikasi komputer

Seperti yang sudah disinggung diatas, sebaiknya komputer yang anda gunakan paling tidak dibekali dengan prosesor Dual Core dan kapasitas RAM sebesar 2 GB

3. Pastikan program/software atau aplikasi yang akan anda jalankan sesuai dengan spesifikasi komputer

Bila ingin menginstall game komputer untuk dimainkan, maka pastikan spesifikasi game tersebut lebih rendah dari spesifikasi komputer, sebab bila sebaliknya maka komputer anda akan lemot

4. Bersihkan folder File Temp.

Untuk memudahkan anda membersihkan folder File Temp, anda dapat melakukannya dengan bantuan software CCleaner

5. Selalu update antivirus yang ada di komputer anda

Agar terhindar dari serangan virus, maka komputer anda hendaknya dilindungi dengan antivirus yang selalu terupdate.
Baca juga : Tips dan cara mengatasi laptop lemot

Itulah beberapa penyebab komputer lemot lengkap dengan solusi mengatasinya. Komputer yang kinerjanya cepat, tentunya akan membuat anda semakin nyaman menggunakannya, sehingga pekerjaan anda pun tak akan terbengkalai.

Penyebab Komputer Lemot dan Cara Paling Jitu untuk Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri