Cara Mengirim Email lewat Gmail (+ Lampiran)

Sebelum kita praktek bagaimana cara mengirim email, ada baiknya kita mengetahui apa email itu? Tahukan anda? Jika belum tau, simak penjelasannya berikut ini. Email adalah sebuah singkatan yaitu Elektronic Mail yang artinya adalah sebuah surat elektronik dalam internet. Saat ini pengguna email sudah sangat banyak, kelebihan dari menggunakan email yakni mudah dalam melakukan pengiriman serta cepat sampai tujuan.

Keunggulan lain dari email yakni tidak harus menggunakan secarik kerta dan prangko, namun cukup dengan mengetik menggunakan keyboard setelah itu dalam beberapa detik sudah dapat dikirim serta si penerima akan dengan cepat menerima email yang kita kirim, meskipun jarak antara si pengirim dan penerima terlampau jauh. Untuk membuat email silahkan lihat Cara membuat email gmail atau Cara membuat email di yahoo

Pada dasarnya fungsi dari email sendiri yakni sama dengan mengirim surat pada pos. Karena setiap orang pasti memiliki kotak posnya sendiri berserta alamat, untuk si pengirim hanya tinggal mengirim surat pada kotak pos dengan alamat yang anda tuju. Demikian juga dengan email, setiap orang memiliki alamat email sendiri, jika hendak mengirimkan email, pengirim hanya memasukkan alamat si penerima, tidak butuh waktu lama dalam proses pengiriman email.

Beberapa keuntungan yang akan diperoleh dengan mengirim surat melalui email diantaranya seperti, anda dapat mengirim email kepada banyak orang tanpa ada batasan secara bersamaan, sesuai seperti namanya, email dikirim secara elektronik, hal ini menjadikan email yang anda kirim bisa dengan mudah untuk disalin lalu dikirm kan lagi pada beberapa orang.

Cara Mengirim Email


Baiklah mari kita praktek bagaimana cara mengirim email menggunakan Gmail berbahasa Indonesia.

1. Loginlah terlebih dahulu pada akun gmail yang anda miliki
2. Pilihlah menu compose 
3. Setelah itu, akan muncul sebuah form yang terletak pada bagian pojok kanan dari web browser, lalu isi lah alamat tujuan penerima email, isikan juga subjek dan juga isi pesan apa yang anda ingin kirim.
4. Jika semua anda rasa sudah terisi dengan benar, langkah berikutnya yakni pilih tombol send. Lihat juga Contoh cara mengirim surat lamaran dengan email
Cara Mengirim Email
Cara Mengirim Email

Mengirim Email Disertai Lampiran:

Bila anda hendak mengirim sebuah email seperti word, pdf, excel, power point serta gambar. Caranya tidak jauh berbeda seperti cara di atas, perbedaannya yaitu anda terlebih dulu mengklik tanda “klip” yang fungsinya untuk menyisipkan file yang hendak anda kirimkan melalui email.

1. Login terlebih dahulu pada akun gmail yang anda punya
2. Pilih menu compose 
3. Jangan lupa untuk mengisi kolom penerima, kolom subjek serta pesan yang hendak anda kirim.
4. Pilih tanda klip / attach file kemudian pilih file yang hendak anda kirim, setelah itu tekan menu open.
5. Tunggulah beberapa saat hingga file yang anda pilih selesai diupload, lalu klik send.
Cara Mengirim Email dengan lampiran
Cara Mengirim Email dengan Lampiran

Itulah beberapa cara mengirim email yang dapat anda pelajari, sekian pembahasan kita kali ini semoga dapat memberikan inspirasi dan manfaat buat anda.

Cara Mengirim Email lewat Gmail (+ Lampiran) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri