Ciri – Ciri SMS dan Telepon Undian Palsu / Penipuan

Ciri – Ciri SMS dan Telepon Undian Palsu / Penipuan | Mendapatkan SMS dan telepon dari nomor yang tidak dikenal memang sangat menganggu. Terlebih lagi jika isi dari SMS atau telepon tersebut mengatakan bahwa kita memenangkan sebuah undian, meminta mengirim uang, atau berbagai modus lainnya yang terkadang dapat membuat kita tertipu.

Oleh karena itu kita tetap harus waspada agar tidak dirugikan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut. Salah satu cara untuk menghindari penipuan bermodus SMS dan telepon yaitu dengan mengetahui ciri – ciri SMS dan telepon penipuan tersebut.
Lihat juga Cara membuat website keren dan mudah gratis

Ciri SMS dan Telepon Undian Palsu


1. Memenangkan hadiah dari undian yang tidak pernah anda ikut

Ciri utama dan paling penting bagi saya yaitu bila anda mendapat pesan SMS atau telepon yang menyatakan anda memenangkan hadiah dari sebuah undian. Padahal anda tidak pernah mengikuti atau mendaftar undian tersebut.

Jika terindikasi ciri pertama ini anda harus langsung waspada dan jangan begitu saja percaya dengan pesan yang disampaikan. Jika anda rasa anda lupa apakah anda pernah mengikuti undian tersebut atau tidak sebaiknya anda memperhatikan ciri lainnya untuk meyakinkan anda dalam mengambil langkah selanjutnya.

2. SMS dan telepon dari nomor yang umum digunakan

Ciri ini sangat mudah untuk diperiksa dan menjadi ciri yang sangat jelas untuk mengetahui pesan tersebut merupakan penipuan atau bukan. Jika nomor sang pengirim pesan atau penelepon merupakan nomor umum yang digunakan yang memiliki digit banyak seperti 08524597XXXX sudah dapat dipastikan itu merupakan penipuan atau undian palsu.

Biasanya undian yang diadakan oleh penyelenggara resmi atau perusahaan besar akan memiliki nomor yang unik dan pendek seperti 4 digit atau kurang contohnya 4444, 5252 dsb. Selain iitu juga biasanya menggunakan nama perusahaan atau nama penyelenggara tersebut, contohnya: INDOSAT, Keminfo RI dsb.
Baca juga Siapa saja 6 orang terkaya di Amerika Serikat?

3. Meminta menghubungi atau akan dihubungi pihak tertentu

Jika anda diminta menghubungi nomor tertentu untuk mengklaim hadiah undian anda. Hal tersebut menjadi tanda besar bahwa utu merupakan penipuan. Selain itu bisa saja pihak tersebut yang menyatakan anda akan dihubungi oleh nomor tertentu. Pada tahap ini anda harus berhati – hati dan tidak mudah tertipu dengan cara bicara orang tersebut karena saat ini banyak orang yang memiliki kemampuan bicara untuk meyakinkan pendengarnya dengan tujuan penipuan.

4. Menyuruh mengunjungi website tertentu yang kurang meyakinkan

Salah satu ciri yang banyak terjadi juga banyak modus penipuan yang meminta kita mengunjungi sebuah website. Jika anda merasa ragu akan lebih baik pastikan website tersebut merupakan website resmi dan bukan website buatan yang bisa saja dibuat mirip dan tampil profesional seperti aslinya. Untuk meyakinkan silahkan lihat Ciri – ciri website undian palsu/ penipuan

5. Meminta mentransfer biaya tertentu atau data pribadi anda

Jika SMS atau telepon yang anda terima meminta berbagai hal kepada anda seperti data pribadi berupa nama, alamat, akun rekening bank dsb sebaiknya anda perlu waspada dan tidak langsung memberikannya karena biasanya itu merupakan cara pelaku penipuan untuk mengakses data dan mengambil keuntungan dari kita.

Selain itu salah satu ciri penipuan yang paling jelas yaitu apabila anda diminta mentransfer sejumlah uang untuk biaya tertentu dari nomor tersebut, hal itu sudah jelas merupakan penipuan. Karena biasanya undian asli tidak akan meminta biaya tertentu untuk mengklaim hadiah undian.

Jika anda telah mengetahui ciri sms atau telepon undian palsu tentunya akan mudah bagi anda untuk membedakan dan mengambil tindakan selanjutnya. Sehingga anda dapat terhindar dari kerugian. Setelah mengetahui itu merupakan penipuan anda dapat mengambil langkah selanjutnya untuk melaporkannya caranya lihat di sini (Cara Melaporkan SMS / Telepon udian palsu).

Demikian artikel mengenai Ciri – Ciri SMS dan Telepon Undian Palsu / Penipuan, semoga bermanfaat.

Ciri – Ciri SMS dan Telepon Undian Palsu / Penipuan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri