Hal Yang Saya Lakukan Hingga Diterima Adsense

Beberapa hari yang lalu saya dikejutkan oleh akun adsense saya yang tiba – tiba telah aktif/ diterima. Jelas hal tersebut merupakan berita menyenangkan bagi saya. Pada saat itu saya bahkan telah lupa berapa kali saya telah mengirimkan permintaan pembuatan akun adsense dan entah berapa kali pula permintaan tersebut ditolak oleh pihak adsense, akan tetapi untuk permintaan yang kesekian kali (mungkin sekitar yang ke 4 kali) pihak adsense tidak memberikan notifikasi atau pemberitahuan mengenai adsense saya, setiap saat saya cek email masuk tetap tidak ada email yang menyatakan penolakan, persetujuan maupun peninjauan selanjutnya yang dikirim oleh pihak adsense.

Pada saat itupun saya sedang off untuk masalah blogger, dan saat saya mulai melakukan kegiatan blogger lagi tiba – tiba hal yang tak terduka pun terjadi, yaitu ketika saya mengakses menu Penghasilan di blogger dan mencoba memasang iklan. Kemudian saya coba lihat hasilnya dan saya sangat terkejut melihat iklan adsense telah muncul di blog saya.
Google adsense
Google adsense
Penerimaan dan persetujuan tersebut saya rasa bukan tanpa alasan, karena saya telah melakukan beberapa perbaikan yang disarankan oleh adsense dan webmaster. Terutama untuk permintaan terakhir saya telah melakukan beberapa perbaikan yang tidak saya lakukan dari awal. Menurut saya hal itulah yang menyebabkan permintaan adsense saya tidak pernah diterima pada awalnya. Beberapa hal yang saya lakukan sehingga diterima adsense adalah:

1. Memperbaiki tampilan blog
Hal yang pada awalnya saya perbaiki setelah menerima penolakan pertama adsense, saya sadar salah satu kekurangan blog saya adalah tampilan yang sangat berantakan dan tidak human friendly. Oleh karena itu saya mengganti tampilan template blog saya dan menata ulang widget didalamnya.
Silahkan lihat daftar situs template keren dan daftar widget blog keren

2. Membuat halaman Privacy policy
Hal ini saya lakukan setelah permintaan saya terus ditolak oleh adsense. Menurut beberapa saran yang saya baca dari situs panduanwebmaster, sebuah website yang memenuhi syarat adsense harus memiliki halaman seperti Contact me, Privacy policy, Disclaimer, About me dan sebagainya yang merupakan halaman yang sangat penting yang menandakan kredibilitas dan profesionalitas serta kelengkapan dasar sebuah website yang baik.
Cara membuat halaman privacy policy

3. Membuat halaman contact me
Bersamaan dengan membuat halaman privacy policy saya juga membuat halaman contact me yang merupakan akses yang mempermudah pengunjung blog untuk menghubungi kita. untuk membuat halaman contact me ini terbilang sangat mudah karena kita dapat menggunakan tool yang disediakan banyak situs pembuat contact form, untuk lebih lengkapnya baca Cara membuat halaman contact me

Tidak banyak hal yang saya perbaiki pada blog saya, karena saya merasa beberapa persyaratan adsense telah terpenuhi oleh blog saya. Jadi selain hal diatas yang perlu kita ketahui sebagai persyaratan adsense beberapa hal ini juga saya rasa sangat penting terhadap penilaian adsense.
Baca juga Cara Memperoleh uang dari Internet

Beberapa syarat yang saya rasa telah blog saya penuhi sebelumnya

1. Usia blog/ domain
Pada saat mendaftar adsense pertama kali, blog saya ini telah berusia lebih dari 6 bulan dan saya rasa hal itu telah memenuhi persyaratan adsense, yang mensyaratkan usia blog lebih dari 3 bulan.

2. Konten yang sudah sesuai
Selain usia yang cukup lama blog saya pun sudah cukup kaya dengan konten/ artikel, dan artikel tersebut jelas bukan merupakan artikel copas, walau sebagian besar merupakan hasil rewrite, tapi saya rasa kata yang saya gunakan sudah cukup untuk dikatakan unik dan beda dari yang telah terpublikasi di google.

Selain syarat – syarat diatas, baik yang telah terpenuhi dari awal maupun yang saya perbaiki hingga diterima adsense, masih terdapat syarat lainnya yang mungkin akan berbeda – beda pada setiap blog dan akun adsense yang ingin anda buat atau daftarkan. Oleh karena itu berusahalah memperbaiki blog berdasar panduan google serta jangan mudah putus asa dan malas bereksperimen sehingga kita semua dapat menjadi publisher adsense nantinya.

Hal Yang Saya Lakukan Hingga Diterima Adsense Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri