Cara Membuat/ Memasang Widget Kalender di Blog Keren

Memasang widget kalender di blog merupakan salah satu yang dilakukan oleh sebagian blogger. Tujuan membuat atau memasang kalender ini tentunya karena beberapa alasan yang berdampak baik bagi blog. Sebuah kalender di blog pada umumnya berfungsi sebagai mana halnya kalender biasa yang kita ketahui yaitu sebagai penanda tanggal. Akan tetapi pemasangan kalender di blog juga memiliki nilai positif lain seperti dari hal estetika atau keindahan, yang mana widget kalender ini dapat memberikan kesan menarik pada tampilan blog anda.

Untuk memasang atau membuat widget kalender di blog anda hanya perlu memasangnya melalui menu gadget yang telah disediakan oleh blogger di blog anda. Hal tersebut jelas menandakan bahwa sangat mudah untuk memasang widget yang satu ini. Selain widget penunjuk tanggal yaitu kalender, beberapa saat lalu saya juga memberikan widget jam dan daftar widget keren lainnya yang juga dapat anda gunakan atau pasang di blog.

Cara - Cara Membuat/ Memasang Widget Kalender di Blog

- Menggunakan widget kalender dari blogger

Untuk memasang widget kalender yang terdapat pada daftar widget standar blogger ikuti langkah berikut:

1. Masuk ke akun blogger anda
2. Klik menu “Tata Letak/ Gadget”
3. Klik “Add Gadget” pada posisi yang anda inginkan untuk posisi kalender nantinya
4. Klik menu “More Gadget/ Gadget lainnya” dan cari widget “Daily calendar” atau jika tidak ketemu anda dapat gunakan pencarian untuk mempermudah
Widget calender
Widget calender
5. Klik widget “daily calendar” yang telah anda temukan dan atur nama widget dan ukuran sesuai keinginan anda.
6. Klik “Save/ simpan”

- Menggunakan widget kalender dari situs penyedia widget

Jika anda ingin menggunakan widget yang lebih variatif dengan tampilan yang menarik anda dapat mencari widget tersebut di situs penyedia widget kalender seperti mycalender.org dan widgetscode.com. Caranya sebagai berikut:

1. Kunjungi situs penyedia widget calender
2. Pilih calender yang anda inginkan dan ambil atau copy code html nya
3. Masuk ke blogger dan klik menu “Tata letak”
4. Klik “add gadget”
5. Pilih “HTML/ Javascript” dan pastekan kode yang tadi anda copy
6. Klik “Simpan”

Memiliki tampilan blog yang keren dan menarik merupakan salah satu hal yang diinginkan dan harus dilakukan blogger untuk menarik pengunjung dan meningkatkan pageview blog tersebut, dan salah satu hal yang dapat dilakukan yaitu membuat atau memasang widget kalender di blog.

Cara Membuat/ Memasang Widget Kalender di Blog Keren Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri