Penyebab dan Cara Mengatasi Google Chrome Lemot (Ngadat)

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai penyebab google chrome lambat (lemot) dan cara mengatasi atau meningkatkan kecepatan google chrome tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa google chrome merupakan salah satu browser yang memiliki fitur yang sangat lengkap. Browser besutan google ini menjadi salah satu browser favorit banyak orang (termasuk saya).

Bukan tanpa alasan google chrome bisa menjadi browser yang sangat digemari dan banyak digunakan, akan tetapi hal itu karena fitur dan performanya yang sangat baik. Menurut saya sendiri google chrome memiliki fitur ekstensi yang tidak kalah jika dibandingkan dengan mozilla (add- ons). Selain itu salah satu kelebihan google chrome adalah kecepatan aplikasi dan browsingnya yang sangat baik.
Google chrome
Google chrome
Akan tetapi browser google chrome yang telah lama kita gunakan terkadang memiliki performa yang sangat menurun dan membuat kita kecewa. Contohnya seperti google chrome jadi lemot dan lambat serta sering ngadat saat digunakan, bahkan tak jarang browser google chrome yang kita miliki sangat lama untuk dibuka dan dijalankan.

Nah, pada kesempatan yang baik ini saya langsung akan memberikan cara mengatasinya yang didalamnya dapat anda pahami juga hal apa saja yang menyebabkan browser google chrome anda lemot, ngadat dan lambat.

Hal Yang Menyebabkan Google chrome Bermasalah dan Cara Mengatasinya

Ekstensi yang Terinstall/Terpasang di Program

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa ekstensi merupakan salah satu fitur yang sangat berguna di google chrome. Akan tetapi tahukah anda ekstensi yang terlalu banyak akan sangat berpengaruh terhadap performa google chrome?, oleh karena itu usahakan untuk menghapus atau uninstall beberapa ekstensi yang anda anggap kurang berguna dan terlalu memberatkan google chrome anda. Untuk cara meng uninstallnya jika anda tidak tahu silahkan baca Cara Uninstall/Disable/ Melepas Ekstensi pada Google Chrome

Plugins Yang Terpasang ke Google Chrome

Selain ekstensi, plugin merupakan salah satu fitur yang sangat bermanfaat juga. Karena dengan adanya plugin kita dapat mengakses banyak jenis konten di internet seperti Video, Lagu, Efek, Game Online dan lain – lain. Akan tetapi terlalu banyak plugin yang terpasang sebenarnya juga menjadi penyebab google chrome menjadi lemot dan lambat bahkan sering ngadat. Oleh karena itu usahakan mematikan atau disable beberapa plugin yang anda anggap tidak berguna atau kurang berguna. Untuk caranya silahkan lihat Cara Disable/ Melepas Plugin di Google Chrome

Membersihkan Data Browsing (Cookies, Cache dll)

Setiap anda melakukan browsing di internet menggunakan browser google chrome pastinya selalu ada data yang tersimpan dan bertambah pada google chrome anda. Beberapa contoh data yang tersimpan secara otomatis adalah history (riwayat) penelusuran, Riwayat download, Cookies, cache dan lain – lain yang sebenarnya berguna untuk anda yang ingin mengakses situs yang pernah anda kunjungi atau melihat daftar download anda. Akan tetapi data tersebut juga sangat berpengaruh dalam mengurangi kecepatan browser. Oleh karena itu usahakan membersihkan data browser tersebut secara rutin dengan Cara Membersihkan data browsing.

Kecepatan Koneksi Internet

Selain browser, koneksi internet merupakan salah satu hal yang dibutuhkan untuk dapat berselancar di internet, oleh karena itu menurut saya koneksi internet sedikit berpengaruh pada kinerja dan performa sebuah browser. Karena Sebuah browser akan bekerja lebih berat jika tanpa sebuah koneksi internet yang baik. Untuk memaksimalkan koneksi internet silahkan baca Cara Mempercepat Koneksi Internet

Demikian artikel kali ini mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Google Chrome Lemot (Ngadat), Semoga bermanfaat

Penyebab dan Cara Mengatasi Google Chrome Lemot (Ngadat) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri