Cara Merubah IP Address Jaringan Komputer Windows

IP Address tentunya bukan hal asing lagi bagi sebagian besar orang yang sudah sering mendengar istilah dan berhubungan dengan hal tersebut, namun masih banyak yang kurang paham mengenai IP Address tersebut dan bagaimana merubahnya secara manual.

IP Address (Internet Protocol Access) sendiri secara singkat merupakan deretan angka biner antara 32 bit hingga 128 bit yang menjadi sebuah alamat pada komputer agar dapat saling terhubung dengan komputer lain. Untuk penjelasan lebih lengkap anda dapat menemukannya di Wikipedia atau situs lainnya.

Mengetahui cara mengubah IP Address  sangat bermanfaat untuk keperluan jaringan sehari-hari, mulai dari mempermudah mengenali jaringan pada perangkat sehari-hari seperti printer dan komputer server hingga untuk megatasi IP conflict yang sering terjadi sehingga tidak dapat tehubung dengan jaringan.

Untuk mengetahui IP address jaringan komputer anda saat ini anda dapat memeriksanya menggunakan Cara mudah mengetahui IP Address yang sudah saya berikan. Mengganti atau merubah IP Address di komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows tidaklah sulit anda hanya perlu melakukan sedikit pengaturan pada perangkat anda.


Cara Merubah IP Address di Komputer atau Laptop


1. Buka Network and Sharing Center dengan klik kanan pada tray network di taskbar (gambar dibawah) atau bisa juga melalui melalui control panel
Cara Merubah IP Address Jaringan Komputer
Network and Sharing Center

2. Klik jaringan yang sedang terhubung/ anda gunakan di Connection
Cara Merubah IP Address
Connection

3. Klik Properties
Cara Mengubah IP Address Jaringan Komputer
IP Address
4. Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4) dan klik Properties atau klik 2x untuk lebih cepatnya
Cara Mengubah IP Address
IPV4

5. Pilih Use the following IP Address : dan isikan kotak isian IP Address dengan IP baru yang anda inginkan, anda dapat memperoleh banyak IP Address dari berbagai negara di http://www.freeproxylists.net/. Contoh yang bisa anda coba seperti gambar dibawah ini:

Cara Merubah IP Address
IP Address 2

Ket: Default Gateway isikan dengan alamat default router, biasanya akan otomatis terisi jika anda tekan tab saat selesai mengisi kolom ip address, contohnya seperti diatas. Untuk bagian DNS dapat anda isikan dengan DNS server ISP atau Provider anda
Baca juga Perangkat jaringan komputer dan manfaatnya

6. Setelah selesai klik OK dua kali dan keluar, maka otomatis IP Address anda telah berubah

Untuk melihat IP Address anda yang telah berubah silahkan lihat menggunakan Cara mudah mengetahui IP Address. Anda dapat merubah IP Address anda kapanpun untuk keperluan yang anda inginkan .

Cara Merubah IP Address Jaringan Komputer Windows Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri